Sore di Ciao Gelato – Berasa Nongkrong di Italia Beneran

Saya sebenarnya nggak bisa membedakan, mana es krim mana gelato. Hahaha. Sssttt, jangan bilang-bilang sama orang Italia ya, kalau saya bilang gelato itu ya es krim, es krim ya gelato. Abisnya buat mereka, gelato itu beda banget dari es krim. Mereka biasanya akan marah kalau ada yang menyamakan gelato dengan es krim juga sorbet.

Saya mah enggak tahu. Yang pasti dua-duanya enak, dan rasanya nggak cukup deh kalau cuma makan se-scoop doang. Makanya kalau lagi hangout bareng teman-teman dan kebetulan pengin ngumpul sembari menikmati es krim atau gelato, saya selalu pesan minimal yang medium ­čść

Diet? Apaan tuh? Belum pernah dengar.

Kebetulan, kemarin kita sempat ngumpul-ngumpul lagi, saya dan BFF saya, plus ditambah beberapa orang yang lain. Jadi rame deh. Ngumpulnya di Ciao Gelato, yang ada di Jl. Afandi No. 7 Gejayan Yogyakarta.

Baca juga: Review Culturehead Yogyakarta

Bangunan Asyik, Jaminan Instagrammable di Ciao Gelato Yogyakarta

ciao gelato yogyakarta

Bangunan Ciao Gelato yang Italian banget. Keren kan?

Ciao Gelato Point ini cukup mudah ditemukan di penggal Jl. Afandi Gejayan yang sepanjang jalan kenangan itu.

Lantaran bangunannya yang memang khas banget dengan ekspos bata merah dan kusen logam berwarna hitamnya. Italian bangetlah.

Tempat parkirnya juga luas banget, nggak kayak Ciao Gelato yang di Jl. dr. Sutomo yang udahlah mepet ke jalan raya dan pas ada di perempatan jalan yang sempit pula. Susah buat parkir mobil.

 

ciao gelato yogyakarta

Interior Ciao Gelato Jl. Afandi Yogyakarta yang Italia banget.

Interior Ciao Gelato Yogyakarta (yang di Jl Afandi ya…)

Begitu masuk, suasana Italiannya semakin terasa dengan style interior industrial, yang didominasi kayu dan besi dicat hitam. Konon sih bahan-bahan furniturnya ini juga merupakan daur ulang dari barang bekas. Dindingnya dipenuhi dengan poster-poster dengan quote-quote yang keren.

ciao gelato yogyakarta

Nonsmoking area di Ciao Gelato Yogyakarta (Jl. Afandi)

ciao gelato yogyakarta

Smoking area di Ciao Gelato Yogyakarta – Jl. Afandi

Ada dua area yang disediakan bagi pengunjung di sini, yaitu nonsmoking area dan smoking area yang berada di belakang. Baik smoking area maupun nonsmoking area sama-sama didesain dengan nyaman.

Menu Andalan di Ciao Gelato Yogyakarta? Ya Pasti Gelato!

menu makanan ciao gelato yogyakarta

Ada 25 rasa gelato tersaji setiap hari. Boleh pilih.

Ya, pastinya ya. Menu andalan di sini adalah gelato, alias ice cream Italia yang rasanya macem-macem banget.

Nah, katanya sih di sini ice creamnya halal, dan tanpa zat tambahan seperti pengawet dan pemanis buatan. So, setiap hari mereka selalu bikin 25 rasa, dan harus habis hari itu.

Jadi bikinnya memang small batch aja. Kalau habis, ya sudah, dibikin besok lagi. Nggak ada stok hari ini disimpan untuk dijual besok.

ciao gelato yogyakarta

Coffee dan white chocolate gelato. Yummy!

Inovasi lainnya adalah formula anti meleleh. Jadi, kalau kamu beli gelato di sini walaupun kamu pakai buat foto-foto dulu agak lama, es krimnya tahan aja gitu nggak meleleh. Dan, bener lo, karena saya buktiin sendiri kan. Es krimnya saya foto-foto dulu, terus saya tinggal ngobrol, eh sampai sendokan terakhir tu masih keras gitu.

Cukup beda dengan gelato lain yang terkenal di Jogja–tahulah ya, yang mana. Saya mau nggak mau ngebandingin juga nih, soalnya keesokan harinya saya jajan gelato di gerai lainnya ini. Cuma difoto sekali dua jepret terus dimakan sambil ngobrol, eh udah meleleh aja padahal masih setengah. Udah tetes-tetes ke meja. ­čść Yha!

Harga di Ciao Gelato Yogyakarta

Untuk harganya standar seperti gelato biasanya sih, yang small cup Rp20.000 (dapat 2 rasa), cone Rp25.000 (dapat 2 juga), dan large Rp35.000 (dapat 3 rasa). Ada juga yang bisa di-takeaway, harganya Rp90.000 dengan 5 rasa gelato. Puas deh kayaknya kalau dapat 5 rasa gini.

Katanya sih andalannya adalah gelato rasa┬átiramisu, praline diore, choco ferrep, nutella, cremino, hazelnut, dan mediterranoe. Tapi kemarin saya cobain coffee dan white chocolate. Enak bat! Coffeenya masih ada pahit-pahit khasnya itu. Cuma kok rasa “khas” gelato yang rada asem-asem itu kok nggak ada ya. Entahlah. Mungkin rasa lain ada.

Dan, karena nggak pakai zat pewarna, jadi kayak yang rasa banana itu warnanya kecokelatan, bukan kuning ya. Jadi, warna-warna gelatonya memang nggak mencolok bangetlah.

Kamu Mesti Coba Pizzanya Juga!

Nah, di sini juga tersedia hidangan selain gelato juga. Jadi, kalau siang-siang nongkrong, barangkali kamu juga laper. Bisa banget pesan makan sekalian di sini.

makanan di ciao gelato yogyakarta

Pizza Margherita – salah satu menu makanan di Ciao Gelato Yogyakarta

Signature-nya adalah pizza dengan beberapa jenis topping yang asli Italia banget. Yang andalannya itu sebenarnya Pizza Napoli, yaitu pizza gaya asli Napoli Italia. Tapi kemarin saya makannya Pizza Margherita, Pizza Mushroom, dan juga ada pizza dengan ikan asin. Enggak, enggak satu pan utuh ya. Saya makan masing-masing satu slice aja kok. Beneran!

Pizzanya tipis ya, di sini. Jadi bukan jenis pizza yang tebel dan empuk itu. Tapi tipis dan renyah. Jadi, kalau digigit berasa kriuk gitu.

makanan di ciao gelato yogyakarta

Pizza Mushroom di Ciao Gelato

Pizza Margherita dan Mushroom-nya bercita rasa gurih, saya suka. Nah, untuk pizza ikan asinnya ini beneran asin, gaes. ­čść Saya sampai mengernyit pas ngerasainnya. Di lidah saya, kurang sih. Tapi ya, namanya selera ya. Jadi kalau kamu mau coba ya, boleh saja. Siapa tahu kamu suka. Konon juga pizza pada awalnya dulu dibuat dari ikan dan tomat doang lo, lantaran pizza ini merupakan makanan utama para nelayan di Italia.

Naaah, baru tahu kan soal sejarah pizza ini? Sama dong. Saya juga. Hahaha.

makanan di ciao gelato yogyakarta

Pizza Nutella di Ciao Gelato.

Terus, selain topping-topping yang sudah saya sebutkan di atas, juga ada Pizza Nutella. Yep, seperti sudah kamu duga, toppingnya dioles Nutella, ditaburi meses. Rasanya mmmm … yah, saya sih berasanya kayak makan martabak yang lagi ngeheits itu ­čść

Kurang sreg sih. Maka, saya kembali menikmati Pizza Margherita saja deh kalau ke sini lagi. Enak soalnya. Renyah banget rotinya.

Untuk pizzanya, harganya berkisar antara Rp50.000-Rp60.000

Cobain Pastanya Juga! Pilihan Lain Menu Makanan di Ciao Gelato Yogyakarta

Nah, selain pizza–yang panggangannya bisa dilihat di smoking area–kamu juga bisa coba pastanya. Kemarin sih ada Mushroom Creamy Pasta dan Tomato Basil Pasta.

makanan di ciao gelato yogyakarta

Basil Tomato Pastanya enak, katanya.

Dua-duanya enak bat.

Selain gelato, pizza, dan pasta, kamu juga bisa cobain menu lain seperti milkshake dan waffle.  Coba cek aja deh ke menunya berikut yah.

Gelato Menjadi Kuliner yang Dirindukan dari Yogyakarta

ciao gelato yogyakarta

Salah satu sudut Ciao Gelato Yogyakarta…. Nongkrong seru bersama teman sambil melihat yang lewat yuk

Sejak ada gerai-gerai gelato, termasuk si Ciao Gelato ini, gelato memang jadi salah satu kuliner yang paling dikangeni di Yogyakarta. Apalagi di sini, katanya 70% bahannya langsung diimpor dari Italia.

Baca juga: Grandfather Coffeeshop Surabaya yang Homey

So, pengin ngerasain ke Italia? Ke Jogja, terus mampir deh ke sini. Udah mewakili banget. Atau, seenggaknya buat latihan dulu, sebelum benar-benar ke Italia. Hahaha. Amin!

Nggak kerasa, saya makan ini itu sedikit-sedikit akhirnya kekenyangan dah di sini. Hedeh. Next time ke sini lagi, memang mesti dengan perut kosong. Biar puas makan semuanya.

Instagram Ciao Gelato Yogyakarta: https://www.instagram.com/ciaogelato_yk/

  • Design
  • Food
  • Drink
  • Price
3.4

Ringkasan

Ciao Gelato Yogyakarta menyajikan nggak cuma citarasa Italia melalui menu-menu gelato, pizza, pasta, dan yang lain, tapi juga menghadirkan suasana industrial Italia yang kental banget. Pokoknya begitu masuk ke bangunannya, saya suka banget deh dengan ambience-nya.
Soal gelato, yang paling saya suka karena nggak cepat meleleh. Pizzanya juga krispi banget. Yummy!

Sending
User Review
0 (0 votes)
7

No Responses

Write a response