Kangsen di Essen Choco Pot Yogyakarta Sambil Menikmati Secangkir Cokelat Panas

Kangsen (bs. Jawa) kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah kencan. Jadi memang, siang itu saya berkencan dengan seorang sahabat untuk ketemuan di Essen Yogyakarta, sebuah resto yang juga bakery shop di Jl. Gedongkuning 48 A Yogyakarta.

Review Essen Choco Pot Yogyakarta – Toko Kue dan Resto

essen choco pot yogyakarta

Saya sebenarnya bukan pertama kalinya datang ke resto satu ini. Sebelumnya, saya sudah dua atau tiga kali datang ke sini, bareng keluarga. Ya ke restonya, ataupun ke toko rotinya.

Untuk toko rotinya sendiri cukup recommended sih. Pilihannya banyak, dan harganya itu lo! Menurut saya, jauh lebih bersahabat ketimbang bakery-bakery terkenal lainnya di Yogyakarta. Apalagi kalau dibandingkan dengan toko roti yang di mal itu. Wah, jauh! Padahal rasanya sama enaknya, meski variannya beda. Tapi penampilannya sama kok mewahnya.

Nah, untuk restonya nih, ada di lantai 2. Yang bikin saya betah untuk kembali adalah menu pancake-nya. Saya suka banget pancake-nya Essen, toppingnya banyak bet! Pokoknya signature food-nya ya para pancake ini deh.

Interior Baru Essen

interior essen choco pot yogyakarta

Sesampainya di Essen, saya agak kaget, karena interiornya ditata dengan gaya baru. Sebelumnya ya tetap sama cozy-nya sih, cuma area makannya lebih sempit.

Sekarang diperlebar. Yang tadinya kasir, bisa dipakai buat duduk-duduk juga. Sedangkan meja kasirnya mundur ke arah dapur. Ya, jadi lebih banyak kapasitasnya sih.

Terus itu dinding juga nggak diekspos bata merah. Tapi apa ya? Saya lupa deh. Hahaha. Sudah lama banget sejak terakhir saya datang ke sini.

Well, interior barunya bagus. Lebih masuklah dengan style meja kursi yang vintage ya. Jadi lebih cocok.

review essen choco pot yogyakarta

Menu Makanan dan Minuman di Essen Choco Pot, Yogyakarta

Sesampainya di sana, sahabat kencan saya belum datang.

Seperti yang sudah saya ceritain di atas, menu makanan andalan di Essen Choco Pot tuh pancake-nya. Ada macam-macam topping-nya. Saya sepertinya baru coba beberapa sih, soalnya saya juga belum banyak ke sininya.

Tapi saya paling suka sih Choco Custard Pancake-nya kemarin, dari beberapa yang udah dicobain.

Ini beberapa menu pancake-nya. Harganya juga ramah banget kan di kantong? Yang pakai keju itu padahal kejunya ya sampai ke mana-mana saking banyaknya. Yang pakai sirop cokelat, siropnya juga lumayan kental.

makanan dan minuman di essen choco pot yogyakarta

 

Untuk menu makanan beratnya juga lumayan sih. Enggak banyak, tapi yah … lumayan karena pilihannya beda dengan resto lainnya. Harganya juga bersahabat.

Baca juga: Review NewSu Indomie Kustom Yogyakarta
menu essen choco pot yogyakarta

Review Essen Choco Pot Yogyakarta – Makanan dan Minuman di sini tuh ramah di kantong beud!

Saya pernah cobain Galantin-nya, dan rasanya cukup enak. Oh iya, saya juga pernah nyobain Bakmoy-nya, tapi kurang nampol sih kalau menurut saya mah. Tapi kalau ada yang mau coba ya, silakan. Soalnya kata teman saya yang lain, Bakmoy-nya ini enak karena nggak terlalu bikin enek.

Menikmati Hot Choco Pot dan Mi Ayam Komplet

Sesudah memesan makanan, jadilah saya bisa foto-foto sebentar. Saya kira akan menunggu cukup lama, ternyata enggak. Hanya beberapa menit, pesanan saya sudah datang.

essen choco pot yogyakarta

Hot Choco Pot dengan anglonya… ciri khas di Essen Choco Pot Yogyakarta ini.

Kali ini saya pesan Choco Pot Hazelnut ini. Dihidangkannya lengkap dengan anglo kecilnya plus tealight candle-nya. Jadi, mau diminum sedikit-sedikit sambil ngobrol juga nggak akan cepat dingin deh.

Dan, iya, sampai saya selesai ngobrol sama sahabat saya dan pulang, saya mau habiskan itu si cokelat panas, lidah saya masih aja berasa terbakar. Yaeyalah!

minuman di essen choco pot yogyakarta

Sirop hazelnut-nya enaaak! Dinikmati deh minumnya, sembari gigit-gigitin biskuitnya. Oh iya. kacangnya itu enak sih dicamilin gitu aja. Tapi kalau saya, saya masukin deh ke cokelatnya. Hahaha. Enak bat! Jadi berasa wedang ronde, minum minuman ada kacangnya. 😆

Enak!

Terus, makannya nih. Kali ini saya enggak pesan pancake. Saya ke Essen dalam kondisi kelaparan, karena nggak masak di rumah dan waktunya memang sudah menjelang makan siang. Pesan pancake sebenarnya juga bakalan kenyang sih. Tapi kok dalam benak saya, enak banget kalau pesan Mi Ayam Komplet aja.

makanan di essen choco pot yogyakarta

Mi Ayam Komplit di Essen Choco Pot Yogyakarta – Uenak Tenan!!!

Maka, saya pesanlah Mi Ayam Komplet. Dihidangkannya terdiri atas kuah dengan bakso, lalu mi, ayam, sayuran, plus telur pindang. Yummy!

Untuk Hot Choco Pot Hazelnut harganya Rp16.000, sedangkan Mi Ayam Komplet cukup Rp14.000 saja. Murah ya?

Bagaimana Cara Menuju Lokasi Essen Choco Pot

Kalau kamu dari arah Kebun Binatang Gembira Loka ke arah timur menuju JEC Janti, kamu akan melewati sebuah perempatan dulu. Nah, kalau ke JEC itu ke kanan, untuk ke Essen Yogyakarta kamu belok ke kiri setelah traffic light.

lokasi essen choco pot yogyakarta

Papan namanya kayak gini nih.

Lurus saja, nanti kamu akan menemukan papan besar Essen ini di sebelah kanan jalan. Gampang banget kok dikenali. Atau ikuti peta ini:

Toko rotinya sih buka dari pukul 06.30 pagi. Cuma kalau restonya saya kurang tahu sih, buka pagi juga apa enggak. Setiap kali ke sini selalu menjelang makan siang soalnya. Hehehe. Tapi tutupnya sih pukul 21.00.

Kesimpulan

Pesan saja nih buat pemilik Essens Choco Pot. Anu, itu buku menunya mbok diganti. Udah jelek. Difoto jadi nggak cantik deh 😛

Yang pengin kerja sambil ngafe tapi nggak terlalu bikin jebol kantong karena harga makanan dan minuman yang mahal, bisa coba ke Essen.

Wifinya juga lumayan–asal nggak lagi penuh aja sih. Hehehe. Kalau enggak, ya tethering sendiri juga okelah. Yang penting bisa kerja, sembari minum cokelat panasnya.

Pilihlah Hot Choco Pot sebagai teman kerja, dan pancake, karena dua menu inilah yang jadi andalan resto ini. Meskipun makanan yang lain enak juga.

Review Essen Choco Pot Yogyakarta
  • Interior Design
  • Food
  • Drink
  • Price
4.5

Essen Choco Pot Yogyakarta - Toko Roti dan Restauran yang Nyaman di Kantong

Ada yang sudah pernah ke Essen Choco Pot Yogyakarta ini? Kalau belum, coba deh Choco Pot nya – yang hot ya, biar merasakan juga nikmatnya minuman ini dengan anglo khasnya.

Restoran yang terletak di lantai 2 ini, interiornya menarik dan bikin nyaman. Nyaman di mata dan harga makanan dan minuman di sini juga nyaman di kantong. Simak review lengkapnya di sini ya.

Sending
User Review
0 (0 votes)
2

No Responses

Write a response