Jawa yogyakarta

Lantai Bumi: Tempat Nongkrong Favorit Mahasiswa Kekinian

Adanya kampus-kampus berkualitas membuat banyak sekali para mahasiswa yang tinggal dan berkuliah di kota Yogyakarta. Banyaknya mahasiswa juga membawa pengaruh baik bagi industri kafe.

Hal ini terlihat dari menjamurnya kafe di area yang banyak mahasiswanya. Salah satu kafe yang menjadi favorit bagi para mahasiswa adalah Lantai Bumi. Seperti apa kafe Lantai Bumi ini? Simak Review Lantai Bumi, sebuah tempat nongkrong kekinian untuk para mahasiswa Yogya di sini.

review lantai bumi yogyakarta

Review Lantai Bumi – Tempat Nongkrong Kekinian di Yogyakarta untuk Para Mahasiswa

Design Interior dan Eksterior

Saya tiba ketika matahari masih ada sepenggalan menuju malam. Berjajar beberapa sepeda motor di depan sebuah bangunan yang berwarna abu-abu.

Tampak seperti sebuah rumah yang belum dicat, sehingga masih terlihat warna asli semennya.

Bagian luar bangunan tersebut terdapat pagar yang ditanami oleh tanaman merambat dan dipasangi oleh lampu bertuliskan LANTAI BUMI.

Di teras kafe Lantai Bumi, terdapat beberapa kursi santai dan sebuah kursi panjang yang memberikan kesan seperti sedang di sebuah kota industrialis. Terdapat sebuah pohon mangga berdaun cukup lebat yang membuat rindang suasana kafe.

Apalagi ketika sore, saat matahari berada di arah barat, daun-daun mangga ini sangat efektif meredam cahaya matahari yang menyilaukan.

interior lantai bumi yogyakarta tempat nongkrong kekinian
Non Smoking Area Lantai Bumi

Dua buah kursi berhadapan yang dipisahkan sebuah meja berada di bagian kiri, cocok bagi yang datang berdua. Di bagian tengah, terdapat satu meja panjang dengan kurang lebih enam kursi, cocok bagi yang datang bersama teman dalam jumlah banyak.

Sementara di bagian paling kanan, terdapat sofa empuk dengan meja yang cukup rendah, cocok untuk yang datang sendirian, atau pasangan yang ingin duduk bersebelahan. Tersedia beberapa colokan untuk melayani kaum-kaum yang selalu kehabisan baterai baik di laptop maupun telepon selulernya.

Baca juga: Review Culturehead Kopi Yogya

Menyeberang ke ruangan lain, lebih terbuka, dengan meja dan kursi panjang terbuat dari semen yang paten. Ruangan terbuka ini menjadi area merokok, disediakan bagi teman-teman yang merasa rokok adalah pasangan hidupnya. Tenang saja, ada atap yang akan melindungi dari panas dan hujan.

smoking area kafe lantai bumi yogya
Smoking Area Lantai Bumi

Lantai Bumi memilih konsep minimalis sehingga tidak tampak banyak pajangan di bagian tembok yang sengaja dibiarkan berwarna abu-abu seperti warna semen. Hanya ada beberapa tempelan quotes dan sebuah meja kecil berisi beberapa buku dan majalah.

Menu Makanan

Seorang pelayan datang ke meja tempatku mengeluarkan laptop sembari membawa satu gelas cafe mocca. Setidaknya saya pikir tidak akan terlalu pahit karena ada mocca-nya.

Saya menyesap sedikit bagian atas gelas untuk merasakan rasanya.

Pahit.

Kira-kira begitu yang lidah saya rasakan. Saya memang bukan tipikal orang yang menyukai kopi pahit, apapun jenisnya. Beruntung, Lantai Bumi memberikan kebebasan bagi para pengunjungnya untuk menambahkan gula cair yang diletakkan di atas sebuah buffet kecil.

menu makanan dan minuman di kafe lantai bumi yogya
Daftar Menu di Lantai Bumi

Saya menambahkan cukup banyak gula, mungkin ada hingga lima kali guyuran agar dapat menetralisasi rasa pahit kopinya. Setelah saya rasa cukup, saya kembali duduk di depan meja sembari membuka laptop dan menulis.

Saya sengaja untuk tidak memesan makanan terlebih dahulu karena dua alasan, yang pertama adalah karena saya belum lapar. Sementara yang kedua adalah karena makanan hanya akan membuat perhatian saya teralihkan dari depan laptop.

Tak terasa, malam sudah menjelang, tetapi perut masih belum juga terlalu lapar. Saya rasa cukup  mengganjal dengan makanan ringan saja.

makanan ringan dan minuman di kafe lantai bumi yogyakarta
French Fries dan Cappucino

Saya berjalan menuju meja kasir. Kali ini saya memesan french fries dan cappucino dan kembali duduk di meja yang saya tinggalkan tadi. Pesanan datang tak lama kemudian.

Sembari menyelesaikan pekerjaan yang tertunda, satu per satu kentang yang digoreng dengan bumbu yang pas itu masuk ke dalam mulut. Saya menyesap sedikit cappucino yang tentunya sudah saya tambahkan banyak tetes gula agar tidak terlalu pahit. 

Kentang pilihan yang menjadi bahan digoreng dengan cukup kering sehingga tidak lembek. Kentang juga sudah terbumbui dengan tepat sehingga rasanya menjadi gurih dan tidak hambar. Tersedia saus yang ditempatkan ke dalam sebuah wadah kecil sebagai pelengkap.

Lokasi

Berbeda dengan kedai kopi kebanyakan yang mengambil lokasi di tempat-tempat strategis yang berada di tepi jalan besar, Lantai Bumi memilih tempat yang agak tersembunyi.

Di sebuah kampung kost yang ada di Jogja. Lantai Bumi beralamatkan di Pogung Baru Blok C28, Yogyakarta.

interior kafe lantai bumi yogyakarta
Meja Pemesanan di Lantai Bumi

Dengan lokasi yang berada di tengah-tengah kost mahasiswa, Lantai Bumi dominan diisi oleh para mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas, atau sekadar nongkrong setelah selesai studi.

Lokasinya yang berada di tengah kost juga membuat Lantai Bumi lebih tenang, tidak berisik dengan lalu lalang kendaraan.

Suasana di Lantai Bumi, Cafe Favorit Mahasiswa

Tempat Nongkrong Idola Mahasiswa

Desain interior Lantai Bumi sangat instagenic dengan konsep minimalisnya. Tambahan dekorasi-dekoras berukuran kecil semakin mempermanis dinding berwarna abu. Inilah yang kemudian menarik para mahasiswa untuk datang ke Lantai Bumi.

Ditambah dengan lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal mahasiswa, maka tidak perlu heran jika di Lantai Bumi yang datang mayoritas adalah mahasiswa mahasiswi hits dengan pakaian instagenic untuk unggahan mereka di Instagram.

  • Design
  • Food
  • Drink
  • Location
4.1

Review Lantai Bumi Yogyakarta

Sebuah tempat nongkrong kekinian untuk para mahasiswa di Yogyakarta. Instagramable? Iyes. Lokasinya? Jauh dari pinggir jalan raya, jadi tenang buat mengerjakan tugas di sini. Makanan dan minuman? Interior? Well, cek lengkapnya saja di sini ya…

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply